Pemdes Jagalempeni

Pembangunan Irigasi dan Drainase untuk Normalisasi Pengairan Desa Jagalempeni Selesai

Jagalempeni.desa.id – Guna kelancaran sistem pengairan di wilayah pertanian dan perkampungan, pemerintah desa Jagalempeni Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes telah membangun saluran irigasi dan drainase yang terbentang dari MTs Wakhid Hasyim hingga perkampungan warga. Upaya yang dimulai sejak 2 (dua) bulan yang lalu pada 19 Nopember 2019 ini termasuk dalam program normalisasi pengairan desa untuk menghadapi musim hujan agar debit air hujan yang berlebih dapat tersalurkan dengan baik dan tidak tersumbat. Pembangunan saluran irigasi dan drainase ini berlangsung selama 2 (dua) bulan sejak 19 Nopember 2019 hingga 20 Januari 2020.

Selain sebagai upaya untuk kelancaran sistem pengairan, normalisasi pengairan ini juga dimaksudkan untuk mencegah ancaman banjir saat puncak musim hujan nanti. Hal ini dilakukan karena sekitar dua tahun yang lalu, Februari 2018, seluruh wilayah desa Jagalempeni tenggelam karena banjir yang menyebabkan kerugian harta benda dan pertanian yang gagal panen karena banjir.

Terlebih di Indonesia curah hujan cukup tinggi di awal tahun 2020, curah hujan yang sebelumnya rendah di bulan Desember 2019 dan sebelumnya, tiba-tiba meningkat drastis diberbagai daerah di Indonesia, termasuk di wilayah desa Jagalempeni, hingga menyebabkan banjir besar di Ibukota DKI Jakarta. Dengan sistem drainase yang terpelihara dan normalisasi pengairan yang baik musibah tersebut diharapkan tidak terjadi.

Dengan normalisasi pengairan ini, masyarakat dihimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah yang menumpuk dapat mengganggu drainase di saluran pengairan ini, sehingga dapat menimbulkan penyakit akibat nyamuk, bakteri dan virus hingga dapat menyebabkan banjir. Oleh karena itu peran masyarakat sangat penting untuk menjaga normalisasi pengairan yang sudah di lakukan oleh pemerintah desa jagalempeni. (may-kpmd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *