Pemdes Jagalempeni

Pelaksanaan Pemilihan Ulu-Ulu/ PPA Jaga 2 desa Jagalempeni berlangsung lancar

Jagalempeni.desa.id – Komisi Irigasi Kabupaten Brebes melalui P3A Jaga 2 Darma Tirta bersama Pemerintah desa Jagalempeni telah melaksanakan Pemilihan Petugas Pembagi Air (PPA) atau Ulu-ulu desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari pada .hari Minggu, 23 Februari 2020.

 

Acara Pemilihan Ulu-ulu ini dihadiri oleh Petugas P3A Jaga 2 Darma Tirta selaku pelaksana, Kepala Desa Jagalempeni, Ahmad Tajudin, dan perwakilan dari Polsek Wanasari, Brebes yang bertugas sebagai penjamin keamanan selama berlangsungnya proses pemilihan.

Kandidat calon Ulu-ulu ada 2 (dua) orang yaitu Abdul Latip (nomor urut 1) dan Warno (nomor urut 2). Keduanya adalah warga desa jagalempeni, Brebes. Setelah melalui proses pemungutan suara, Abdul Latip mendapatkan suara sebanyak 177 suara mengungguli lawannya yang mendapatkan 51 suara. Maka dengan itu Abdul Latip terpilih sebagai PPA/ Ulu-ulu desa Jagalempeni.

Agar diketahui, PPA atau Ulu-ulu adalah pejabat khusus dari desa (pamong desa) yang bertanggung jawab atas pengairan dan lingkungan hidup di desa. Tugas utamanya yaitu melaksanakan tugas Kepala Desa dibidang pengairan, diantaranya

  • pengumpul, pengolah dan pengevaluasi data di bidang pengairan dan lingkungan hidup
  • pembina dan pembimbing kegiatan Petani Pengelola Irigasi Desa
  • pengolah dalam melakukan bimbingan dan pembinaan di bidang pengairan dan lingkungan hidup
  • pengolah dan pengkoordinasi dengan Pemerintah Desa lain berkaitan dengan sarana pengairan
  • pengolah data dalam melakukan konsultasi Pemerintah Daerah dan Desa berkaitan dengan sarana pengairan/irigasi
  • pembina dan pemelihara sarana dan prasarana pengairan dalam menunjang kegiatan produksi
  • pengumpul bahan dan penyusun laporan di bidang pengairan dan lingkungan hidup

Dengan terpilihnya Abdul Latip sebgai Ulu-ulu desa Jagalempeni, diharapkan pembagian air untuk petani serta pengawasan saluran irigasi dan drainase desa Jagalempeni dapat terpantau dengan baik. (may-kpmd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *