Pemdes Jagalempeni

Normalisasi Irigasi Pertanian dan Drainase Perkampungan agar memperlancar sistem pengairan

Jagalempeni.desa.id – Pemerintah desa Jagalempeni beserta warganya memulai pembangunan salurah irigasi pertanian dan drainase perkambungan dalam rangka normalisasi sistem pengairan pertanian dan perkampungan sejak Rabu, 19 Nopember 2019 yang lalu. Disamping untuk menjadikan desa yang bersih, rapi dan indah, tindakan ini merupakan tindakan persiapan menyambut musim hujan sekaligus pencegahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mengingat kejadian Februari 2018 silam yaitu musibah melanda Wilayah Kabupaten Brebes, pada saat itu seluruh wilayah desa jagalempeni termasuk yang terkena dampak langsung. Banjir masuk ke pekampungan, seluruh lahan pertanian terlahap banjir sehingga warga harus mengungsi ke pendopo atau ke desa sekitar yang tidak tergenang air. Selanjutnya bisa dibaca di BANJIR MELANDA DESA JAGALEMENI BREBES. Selain itu, jika drainase tidak baik (tersumbat), hal itu menyebabkan air tergenang pada titik-titik tertentu di saluran. Karena genangan air tersebut kotor, maka dapat menimbulkan penyakit bagi warga.

Ssaluran ini rencana dibangun di sepanjang jalan mulai dari MTs Wakhid Hasyim sampai ke Jagalempeni Kidul, kemudian melewati perkampungan RW 01 dan RW 02. Dalam pembangunan ini pemerintah desa menyewa mesin beko agar memudahkan dalam pembangunan saluran untuk normalisasi irigasi dan drainase ini.

Dengan dibangunnya saluran ini diharapkan pengairan di pertanian dan perkampungan menjadi lancar, tidak ada saluran air yang tersumbat dan menggenang, dan luapan air saat hujan dapat tersalurkan dengan baik sehingga terhindar dari ancaman banjir dan penyakit. Sebagaimana yang disampaikan oleh Sekdes Jagalempeni Ibu Maemunah, “Tujuan kegiatan normalisasi saluran irigasi pertanian dan drainase ini untuk kelancaran sistem pengairan baik disawah maupun diperkampungan”, ungkapnya. (May-KPMD)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *