Pemdes Jagalempeni

Bersama Ormas Perangi Covid-19, Pemdes Semprot Disinfektan ke-3 Seluruh Desa

Jagalempeni, Brebes – Menyikapi keputusan pemerintah memperpanjang pelaksanaan #BekerjaDariRumah dan #BelajarDiRumah hingga 21 April 2020, Pemerintah Desa Jagalempeni, Kec. Wanasari, Kab. Brebes bersama seluruh ormas desa Jagalempeni, TNI, Polri dan masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan ketiga kalinya. Penyemprotan pada minggu, 5 April 2020 kali ini dilakukan serentak diseluruh desa Jagalempeni dalam waktu bersamaan, yaitu pada jam 07.00 pagi hingga 11.00 siang. Dalam kegiatan serentak tersebut ormas-ormas dan lembaga yang ikut berperan diantaranya Jajaran Staf Pemdes Jagalempeni, RT, RW, BPD, LPM, PKK dan NU beserta Banomnya.

Sinergi aksi kelembagaan desa dengan ormas memerangi Covid-19 kali ini adalah bentuk pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran corona di Kabupaten Brebes, mengingat hingga kini belum ada warga Kabupaten Brebes yang terkonfirmasi positif (+) terjangkit virus Corona. Hal tersebut menunjukkan bahwa langkah-langkah yang diambil dan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa, TNI, Polri dan Ormas Jagalempeni dalam bentuk edukasi, sosialisasi, penyemprotan, pembentukan Satgas Covid-19 dan pemantauan pendatang di desa Jagalempeni telah sukses dalam memotong penyebaran virus corona dan melindungi warga desa.

Perlu diketahui bahwa sampai kini menurut data dari Pemerintah Desa Jagalempeni menyatakan jumlah ODP Corona berjumlah 269 orang dalam keadaan sehat adalah warga merantau yang sedang mudik, tidak ada PDP yang dirawat dan tidak ada warga dinyatakan terkonfirmasi positif (+) mengidap virus corona (Covid-19). Oleh karena itu pemerintah desa Jagalempeni tetap terus aktif mengkampanyekan perang terhadap Covid-19 secara maksimal dengan protokol dan fasilitas yang ada.

Sosialisasi, himbauan dan kampanye dalam pemutusan rantai penularan virus corona selalu dilakukan oleh pemerintah desa melalui Satgas Covid-19 yang telah dibentuk dan dibantu oleh para Ketua RT, anggota posyandu, dan tokoh masyarakat baik dalam bentuk pengumuman, spanduk, poster, maupun teguran. Diantaranya adalah protokol isolasi mandiri yang disosialisasikan oleh Kemenkes, yaitu:
1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan.
2. Jika sakit (ada gejala demam, flu dan batuk), maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat.
3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19.
4. Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga.
5. Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak nafas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi dan tempat tidur.
6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin.
7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (±15-30 menit).
8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak nafas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Dengan melaksanakan protokol isolasi mandiri tersebut artinya warga desa Jagalempeni telah melindungi diri sendiri, keluarga dan tetangga serta ikut berpartisipasi dan membantu pemutusan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Brebes yang diharapkan epidemi ini segera berakhir sebelum Bulan Ramadhan tiba. Sehingga warga masyarakat dapat melaksanakan ibadah di Bulan Ramadhan dengan tenang. Amiin. (may-kpmd)

One thought on “Bersama Ormas Perangi Covid-19, Pemdes Semprot Disinfektan ke-3 Seluruh Desa

  1. Mohon maaf Kenapa dijagalempeni belum memberikan bantuan masker atau handsanitizer kepada warga? Seperti desa lainn….??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *