BANJIR MELANDA DESA JAGALEMENI BREBES

Berita

Senin, 12 Februari 2018. Kabupaten Brebes terendam banjir di beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Pulosari dan Kecamatan Wanasari yang diantaranya Desa Sidamulya, Jagalempeni, dan Lengkong.

Pada pukul 03:00 dini hari WIB, luapan air dari sungai pemali mulai deras mengalir kebeberapa tempat termasuk desa jagalempeni yang lebih tepatnya di wilayah RW 02, 03, 04 dan delurup 05 melalui persawahan yang ada.

Warga desa jagalempeni pun sempat khawatir saat itu, karena hujan turun begitu lebat dalam beberapa hari, sehingga menyebabkan volume air luapan dari sungai pemali naik, dan terjadi banjir di desa jagalempeni. Ketinggian banjir mencapai paha orang dewasa.

“Tadi malam pas hujan besar beberapa jam tidak banjir. Banjir datang pagi hari,” tutur Ibu Siti Maemunah, selaku sekdes Jagalempeni.

Menurutnya, tanggul Sungai Pemali di desa tersebut tidak bisa menahan luapan air dikarenakan curah hujan yang sangat lebat selama beberapa hari belakang. Ia mengatakan banjir kiriman juga datang dari wilayah Brebes selatan yang merupakan daerah hulu sungai.

“Daerah brebes selatan juga hujan lebat. Jadi, air mengalir deras ke utara sehingga ngumpul di sini semua,” ujarnya.

Dibeberapa wilayah Kabupaten Brebes kedalaman banjirnya bervariasi. Namun, berdasarkan pantauan, paling parah banjir terjadi di Desa Sidamulya, Lengkong, dan Jagalempeni Kecamatam Wanasari. Rata-rata Mencapai satu meteran. Akibatnya sawah para petanipun gagal panen, baik padi maupun bawang. (CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *