NOBAR G30S PKI DI ALUN-ALUN BREBES

Pada hari Jumat, tepatnya tanggal 29 September 2017 malam di Alun-alun Brebes, Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Brebes menyelenggarakan nonton bareng Film G30S PKI. Acara ini diadakan atas kerjasama dengan Kodim 0713/Brebes. Antusias dan perhatian dari warga brebes setempat dan sekitarnya cukup besar, mereka berbondong-bondong untuk ikut serta menyaksikan peristiwa bersejarah tersebut.

Sejarah peristiwa G30S/PKI yang juga dikenal dengan nama aslinya, Gerakan 30 September atau singkatan lain berupa Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh) dan Gestok (Gerakan Satu Oktober) merupakan salah satu peristiwa yang terjadi ketika Indonesia sudah beberapa tahun merdeka. dimana ada pembunuhan tujuh perwira tinggi militer dalam sebuah kudeta. Usaha yang akhirnya gagal kemudian dijatuhkan kepada anggota dari Partai Komunis Indonesia yang saat itu sedang dalam kondisi kuat karena mereka dinilai amat dekat dengan Presiden Indonesia pertama pada masa itu.

Pemutaran Film G30S PKI ini penting untuk mengetahui sejarah kelam bangsa indonesia yang pernah terjadi, agar generasi sekarang dan selanjutnya bisa mengetahui nilai-nilai pancasila secara utuh yang harus dijaga bersama. Sejak tahun 1998, film ini sudah tidak diputar dan ini bisa menghilangkan ingatan akan kejadian sejarah pemberontakan PKI di kalangan kaum muda. Oleh karena itu film ini mulai ditayangkan kembali agar masyarakat indonesia tidak lupa dengan sejarah G30S PKI.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *