Edukasi Petani Go Online Desa Jagalempeni

Kementrian Komunikasi dan Informasi menggelar Edukasi Petani Go Online, di Balai Desa Jagalempeni Kecamatan Wanasari, Selasa (5/9/2017). Edukasi bagi para petani untuk mengenal layanan-layanan online yang dapat membantu kerja mereka di Lapangan terutama dalam bidang pemasaran hasil produk pertanianya secara online, sehingga petani bisa menyikapinya dengan cerdas, agar hasil panenan nantinya tidak dipermainkan tengkulak lagi.

8Villages misal, melalui aplikasi PETANI dapat membantu para petani memasarkan produk mereka langsung dari ponsel dan mendapatkan harga yang layak. 8Villages juga dapat menjadi tempat para petani mencari artikel yang dapat membantu dan menginspirasi. Selain itu, ada pula toko dalam jaringan yang mereka kelola. Manajemen lahan, informasi pupuk, cuaca, dan harga dapat juga dibantu oleh apliaksi 8Villages ini.

Kegiatan edukasi ini diikuti 100 orang masyarakat Petani Jagalempeni, dan dibuka Gunarso, Kabid Informatika dan Statistik Kabupaten Brebes, mewakili Plt Dinkominfotik Kabupaten Brebes Mayang Sriherbimo. Dalam sambutannya, Gunarso menyatakan, kegiatan Edukasi Petani Go Online merupakan rangkaian program Sinergi Aksi untuk Rakyat Indonesia yang dilakukan oleh Kementrian Kominfo, serta Kementerian Koperasi dan Perekonomian melalui sosialisasi pemanfaatan Aplikasi LIMAKILO dan 8Village.

Menurut Gunarso, dengan go online ini, petani juga dapat memantau perkembangan harga di beberapa tempat atau pasar di daerah lain melalui situs yang tersedia seperti:

1. Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok(SP2KP) Kementerian perdagangan ( https://ews.kemendag.go.id/ ),
2. Harga Pangan(Bank Indonesia) http://www.hargapangan.id/ ),
3. Panel harga pangan (Badan Ketahanan Pangan) http;//panelhargabkp.pertanian.go.id/2016/.

“Diharapkan setelah edukasi terhadap para petani yang terpilih, pengaruhnya akan disebar luaskan ke rekan-rekannya untuk memanfaatkan layanan-layanan yang akan memudahkan mereka sebagai pemanfaatan teknologi informasi,” terang Siti Maemunah,ย selaku sekdes Jagalempeni.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *